Masjid Agung Al Akbar Surabaya

by - 10/26/2017




foto area luar masjid Agung Al Akbar


 
 

 
foto area dalam masjid Agung Al Akbar





 

Masjid Agung Al-Akbar terletak di Jalan Pagesangan, kecamatan Jambangan, Surabaya. Masjid ini dibangun pada 4 Agustus 1995 dan diresmikan pada tanggal 10 November 2000 oleh Presiden KH Abdurrahman Wahid.

Masjid Al-Akbar adalahi sebuah masjid yang megah dan modern, dan merupakan masjid terbesar kedua setelah Masjid Istiqlal di Jakarta.

Masjid agung ini telah menjadi salah satu ikon wisata religi umat muslim di kota Surabaya. Masjid ini memiliki lahan seluas 11,2 hektar dengan luas bangunan 28.509 meter persegi, panjang 147 meter, dan lebar 128 meter. masjid ini memiliki dua lantai dan dilengkapi dengan lift dan menara yang memiliki tinggi 99 meter sehingga pengunjung dapat melihat pemandangan kota Surabaya, Sidoarjo dan Bangkalan.

Selain itu masjid ini juga dilengkapi dengan fasilitas lainnya, seperti :
- kantor sekertariat
- As-Shofa ruangan Al-Marwah yang memiliki luas 36 x 42 meter persegi yang dilengkapi dengan karpet panggung, sound system, AC, 3 spot WiFi, 100 buah kursi, ruang ganti dan toilet. ruangan ini dapat menampung kurang lebih 2000 undangan.

Arsitektur

Bangunan ini memiliki kesan unik pada design dari kubah dengan stuktur daun dengan kombinasi warna biru dan hijau gelap sehingga memberikan kesan sejuk dan damai. Masjid ini memiliki bangunan utama dan dua bangunan lainnya yang dapat langsung menmbus bangunan utama.
Exterior masjid ini dihiasi dengan beragam corak ukiran dan kaligrafi. Pintu masuk masjid ini terdiri dari 45 pintu utama yang terbuat dari kayu jati berukit, sementara itu interior masjid ini dihiasi oleh ukiran hias dan kaligrafi yang terlihat dominan di dinding masjid. Terdapat rak Alquran tersebar diseluruh masjid dan diatasnya terdapat ornament kaligrafi dengan panjang 180 meter dan lebar 1 meter.

Keindahan masjid ini sangat didukung dengan pencahayaannya, mulai dari dalam, halaman taman hingga lampu yang menerangi kubah dan menara. Selain sebagai tempat ibadah, masjid ini juga menyediakan tempat untuk syiar agama Islam. Hal ini dibuktikan dengan kegiatan seperti upacara pernikahan syariah Islam yang sering dilakukan di ruangan Zam-zam. Ada juga ruangan Zaitun dan Yasmin yang disediakan untuk para, Haji serta pembacaan dan penyuluhan agama.

Buka          : Setiap Hari

Hotel Terdekat

- Namirah Syariah
- Ibis Hotel 

peta lokasi


You May Also Like

0 comments