27 Destinasi di kota Malang yang wajib kamu kunjungi

by - 5/05/2017


Kota Malang, Jawa Timur boleh menjadi kota tujuan wisata Anda selanjutnya. Kota Malang selain terkenal akan ketan legenda juga terkenal akan wisatanya. Kota Malang terkenal sebagai kota wisata yang memiliki banyak destinasi wisata. Tak heran, banyak wisatawan baik lokal maupun asing betah berlama-lama berwista di Kota Malang. Kota Malang dikelilingi oleh gunung-gunung, di antaranya Gunung Bromo, Gunung Semeru, Gunung Kawi, Gunung Panderman, Gunung Arjuno, dan sebagainya. Keadaan geografis ini membuat Kota Malang memiliki iklim yang relatif sejuk.


Kota Malang atau Malang Raya adalah sebuah kota yang berada di Provinsi Jawa Timur, Indonesia. Kota ini merupakan kota terbesar kedua setelah kota Surabaya di Jawa Timur, dan merupakan kota terbesar kedua di wilayah jawa setelah kota Bandung. Untuk jumlah penduduk, Malang memiliki jumlah penduduk terbesar di indonesia, yaitu kurang lebih sekitar 4 juta jiwa.

1.    MUSEUM ANGKOT - PASAR APUNG
BUKA:12.00 - 20.00 WIB

Terinspirasi dari bentuk penghargaan atas penciptaan alat transportasi di dunia. Museum Angkut Plus Movie Star Studio merupakan museum dengan konsep edukasi dan entertainment yang ditampilkan secara langsung.

Letaknya yang nyaman dan asri dilereng gunung Panderman di areal seluas 3,8 hektar siap memanjakan anda dengan 300 lebih koleksi jenis angkutan mulai tradisional sampai modern yang dipadukan dengan berbagai landscape dan model bangunan eksotis dunia mulai dari benua Eropa sampai Amerika.

Selain itu, pengunjung dapat bersantai menikmati suasana hidangan saung di Pasar Apung yang menjajakan berbagai kuliner dan handycraft khas Nusantara.

2.    BATU NIGHT SPECTAKULER (BNS)
BUKA :      SENIN – KAMIS          15.00 – 23.00 WIB
JUMAT – SABTU / HARI LIBUR 15.00 – 24.00 WIB



Batu Night Spectacular atau sering disebut BNS, themepark tempat kamu bisa berwista malam hari dengan keluarga, wahananya permainannya banyak dan bagus bagus! Dihiasi lampu lampu warna warni yang akan membuatmu betah. Wisata ini ternyata juga dikelola oleh Jatim Park Group.

Apa saja wahana permainan di BNS (Batu Night Spectacular)?

Drag Race
Carnival
Layar Terpanjang
Circuit Go Kart 
Trampolin
Night Market
Slalom Test
Rumah Kaca
Cafe Hantu Elite
Laser Show
Flying Swinger
Scooter Corner
Air Mancur Menari
Aero Test
Banji Trampolin
Pasar Buah Malam
Disco Bumper Car
Pusat Pijat Refleksi
Magic Square
Games Room
Galery Hantu
Lampion Garden
Warung Bethania
Battle Area
Kids Zone
Sepeda Udara
Food Court
After Me( Karaoke Keluarga)
Ali Baba

3.    JATIM PARK 1
BUKA 08.30 – 16.30 WIB

Pertama kali masuk ke Jatim Park 1 Malang, Anda langsung masuk ke zona nusantara. Kemudian zona edukasi dan terakhir zona wahana permainan. Setiap zona terdiri dari berbagai macam wahana. Ada learning gallery, agro park, prehistorical scene, baby zoo, bioskop 3D, 3d ghost haunter, flying fox, history park, remote car, pendulum, fliying tornado dan masih banyak lainnya. Di Jatim Park juga terdapat kolam renang yang sangat besar dengan latar painting Ken Dedes. Jadi disini Anda bisa bermain dan belajar dengan cara yang menyenangkan. Apalagi suasana Kota Batu yang asri membuat semuanya lebih menyennagkan.

Jika ingin menikmati semua wahana jatim park 1 malang ini dengan lebih leluasa, datanglah pada pagi hari. Karena waktu 1 hari tidak akan cukup untuk mengelilingi semua tempat di jatim park.

4.    JATIM PARK 2
BUKA : 10.00 – 18.00 WIB
Jawa Timur Park 2 atau sering disebut Jatim Park 2 adalah salah satu destinasi wisata standar internasional yang saat ini ngehits di Malang, Taman wisata ini sudah sangat terkenal dan menjadi salah satu icon pariwisata provinsi Jawa Timur. Sudah banyak pengunjung dari luar kota maupun provinsi yang berbondong bondong mengunjungi Jatim Park 2. Konsep Jatim Park sendiri tidak hanya wahana permainan, namun juga konsep edukasi yang diaplikasikan di sebagian wahananya. Area di dalamnya sendiri terpisah menjadi 3 area utama, yaitu Museum Satwa, Eco Green Park dan Secret Zoo. Secret Zoo dan Eco Green Park memiliki koleksi binatang serta wahana permainan. Namun, baik koleksi binatang serta permainan berbeda.

5.    ALUN – ALUN BATU

Kota Malang, khususnya daerah Batu memiliki banyak objek pariwisata yang bisa dijadikan tempat liburan bersama keluarga. Keindahan alamnya yang terletak di daerah pegunungan, ikon buah apelnya yang sangat terkenal, serta wahana-wahana permainan yang disajikan di kota ini mengundang banyak wisatawan baik lokal maupun mancanegara untuk singgah ke tempat ini.
 Jika anda sebelumnya belum pernah mengunjungi beberapa tempat wisata yang ada di malang batu, anda membutuhkan jasa paket wisata malang batu yang mudah dan mengasyikkan.

6.    ALUN – ALUN MALANG


Hasil foto di Alun-Alun Tugu Kota Malang sangat bagus panoramanya, apalagi bila diambil ketika malam hari, dengan pendaran warna warni lampu serta dekorasi yang mengelilinginya. Pohon-pohon tua nan kokoh yang mengelilingi alun-alun ini juga menambah keindahan suasana bagi anda yang ingin lebih lama menikmati suasana disini. Jadi bila anda sedang wisata di malang, maka sempatkanlah untuk menegok indahnya panorama Alun-alun Tugu Kota Malang yang menakjubkan ini.

7.    PREDATOR FUN PARK
BUKA : 08.30 – 16.30 WIB


Anda sekeluarga dapat mengenal berbagai jenis predator. Wahana yang ada ditempat ini sangat banyak, seperti
  • ·         galeri buaya (ditempat ini buaya baik yang masih hidup maupun buaya purba yang telah punah. Di Galeri Buaya Anda juga bisa melihat fosil-fosil buaya, aneka buaya awetan yang unik, dan berbagai pengetahuan tentang buaya yang mungkin belum pernah Anda ketahui sebelumnya. Terdapat pula Galeri Telur Buaya, disini Anda dan anak-anak dapat belajar tentang proses penetasan telur buaya),
  • ·         aneka buaya (Anda sekeluarga dapat melihat langsung berbagai jenis buaya hidup yang terdapat di kolam penangkaran buaya. Disini terdapat juga Aquarium Buaya. Nikmati juga sensasi berfoto bersama buaya secara langsung.)
  • ·         aneka ikan buas (Anda sekeluarga dapat melihat berbagai jenis Ikan Predator seperti Arapaima, Ikan Alligator, Piranha, Pari, Nile Perch, Giant Mekong. Disini Anda juga dapat memberi makan ikan-ikan tersebut.)
  • ·         saung angklung, trampoline, coco train, mincing buaya, playground, maze, dan masih banyak lagi


8.    ECO GREEN PARK
BUKA :


Eco Green Park merupakan tempat wisata pertama yang dikembangkan oleh Jawa Timur Park Group yang bernuansa ekosistem dan lingkungan yang dikemas secara cantik dan bertaraf internasional dengan udara yang sejuk dan lukisan alam yang indah akan menambah kenyamanan anda bersama keluarga.
Menyediakan 37 wahana yang memadukan Konsep Wisata Alam, Kebudayaan, Lingkungan dan Seni inspiratif, Menarik dan Mendidik.

9.    TAMAN KELINCI & RUMAH HOBIT
BUKA : Setiap hari 09:00 - 21:00


Taman Kelinci Malang ini sebenarnya adalah wisata edukasi untuk anak dan keluarga. Apa yang menarik? Di sini anak dapat dikenalkan dengan kelinci dan berinteraksi secara langsung, selain itu anak juga dapat belajar tentang pengolahan susu hingga petik strawberry. Karena baru dibuka Desember 2016, beberapa fasilitas juga masih dalam tahap pembangunan. Tanaman tamanannya juga belum rimbun, sehingga tampak masih gersang. Oh ya, di sini juga banyak spot spot bagus untuk foto, terutama di Rumah Hobbitnya.

10. PARALAYANG
Salah satu tempat untuk menikmati indahnya Kota Batu dari ketinggian adalah dari Gunung Banyak. Bukit ini terletak di sebelah barat Kota Batu dengan ketinggian 1.275 meter diatas permukaan laut. Gunung Banyak biasa dijadikan tempat penghobi olahraga parasiling atau wisata paralayang.

Area take offnya dimulai dari salah satu sisi puncak Gunung Banyak. Banyak atlet paralayang yang berlatih di tempat ini dan juga sekaligus berlibur sambil menikmati indahnya Kota Wisata Batu dari ketinggian. Olahraga paralayang merupakan olahraga terbang bebas dengan menggunakan bantuan parasut (sayap kain) yang bertujuan untuk hiburan dan kompetisi. Tapi bagi Anda yang hanya sekedar ingin jalan-jalan ke Gunung Banyak tanpa mencoba olahraga paralayang ini tidak apa-apa, sekedar ingin menikmati daerah perbukitan kota Batu dan mengabadikannya bersama keluarga dan para sahabat.

11. OMAH KAYU


Keunggulan utamanya adalah pemandangan dari sini, view ke arah Kota Malang dan Batu bisa dilihat dengan indahnya. Pada siang hari, apalagi malam hari, panorama yang disajikan benar-benar istimewa. Omah Kayu benar-benar menyajikan suasana sesuai dengan semboyannya not just tree house. Selain bisa disewakan untuk bermalam, Omah Kayu Malang juga bisa dijadikan objek tempat foto menarik. Bagi anda yang ingin berfoto dengan latar belakang pemandangan kota Malang dan batu di ketinggian, anda bisa sepuasnya berfoto,



12. MASJID TIBAN

Pondok Pesantren tersebut konon mulai dibangun pada tahun 1978 oleh Romo Kiai Haji Ahmad Bahru Mafdlaluddin Shaleh Al-Mahbub Rahmat Alam, atau yang akrab disapa Romo Kiai Ahmad. Bangunan utama pondok dan masjid tersebut sudah mencapai 10 lantai, tingkat 1 sampai dengan 4 digunakan sebagai tempat kegiatan para Santri Pondokan, lantai 6 seperti ruang keluarga, sedangkan lantai 5, 7, 8 terdapat toko-toko kecil yang di kelola oleh para Santriwati (Santri Wanita), berbagai macam makanan ringan dijual dengan harga murah, selain itu ada juga barang-barang yang dijual berupa pakaian Sarung, Sajadah, Jilbab, Tasbih dan sebagainya.

Tak hanya unik, di dalam ponpes tersebut juga tersedia kolam renang, dilengkapi perahu yang hanya khusus untuk dinaiki wisatawan anak-anak. Di dalam komplek ponpes itu juga terdapat berbagai jenis binatang seperti kijang, monyet, kelinci, aneka jenis ayam dan burung.

13. HUTAN LABIRIN
BUKA : Senin-Minggu 09.00 - 17.00 WIB


 Terletak di arena air terjun Coban Rondo yang sejuk, Taman Labirin menjadi salah satu objek wisata seru yang menantang kecerdasan kamu dalam membaca arah  Bisakah kamu menemukan pusat labirinnya dalam waktu 10 menit? Coba tantang pasangan, atau teman mu yang kemari untuk ada cepat mencapai pusat labirin 

14. AIR TERJUN COBAN RONDO


Air terjun legendaris yang cukup terkenal sejak 1980 ini memiliki tinggi 84 meter, berasal dari sumber mata air Cemoro Dudo. Panorama klasik air tejun yang dibalut dengan kesejukan dan keindahan alam yang masih sangat alami ini menjadi mangnet yang luar biasa bagi para wisatawan khususnya wisatawan lokal.


15. TAMAN BUNGA SELECTA

Selecta merupakan salah satu tempat wisata tertua di Kota Batu, tepatnya 4 km di sebelah utara dari pusat kota Batu dan berjarak 25 km dari pusat kota Malang. Letak Selecta berada di Desa Tulungrejo, Kecamatan Bumiaji, Kota Batu, Jawa Timur, dan berdiri sejak tahun 1930-an oleh seorang Belanda bernama Ruyter de Wildt. Bangunan ini masih meninggalkan nuansa Belanda dengan arsitektur Belanda kuno. Ini merupakan salah satu daya tarik taman rekreasi Selecta dan menjadi idaman para wisatawan asing maupun local.

Tempat ini menyediakan beberapa unit taman rekreasi yang bisa dinikmati para pengunjung, seperti kolam renang, taman bunga, outbound, water park, kolam ikan, flying fox, area jogging, arena pacuan kuda, aquarium raksasa, dan masih banyak lagi. Lokasi taman Selecta berada di ketinggian 1100 m diatas permukaan laut. Udara sejuk yang rata-rata bersuhu 17 derajat celcius membuat para pengunjung betah berlama-lama di tempat ini.

16. PANTAI GOA CINA


Pantai Goa Cina. Pantai ini memiliki keistimewaan yang sangat menakjubkan, membuat semua orang terpana saat melihatnya. Apalagi disana, anda dapat melihat matahari terbit yang cantik. Langit yang berwarna keemasan ditambah dengan air lautnya yang biru menambah pesonanya.

Air lautnya bersih, berwarna biru dipadukan hijau Nampak serasi dengan pasir putih dan batu karang. Pengalaman menarik tersebut akan sangat menyenangkan. Pantai Goa Cina merupakan salah satu pantai yang dapat dikatakan belum banyak orang yang mengetahuinya.

17. PANTAI BALE KAMBANG


Terletak di pesisir selatan pulau jawa yang menjadikan pantai ini mempunyai arus laut dan ombak yang cukup besar dan deras meskipun dangkal, dan mempunyai garis pantai yang cukup panjang yaitu sekitar 2 km, untuk pasirnya terdiri dari pasir berwarna putih dan coklat terang. Pantai ini berada di wilayah desa Srigoco kecamatan Bantur berjarak kurang lebih 40 km dari kota Kepanjen dan 65 km dari kota Malang, jadi untuk mencapai lokasinya memerlukan waktu dan tenaga lebih, tapi ketika sudah sampai disana anda akan terpuaskan oleh keindahan pemandangan yang ada.

Selain keindahan pemandangan dan suasana yang membuat hati tenang, anda juga dapat menikmati dan melihat upacara suroan waktu bulan suro dan upacara jalani dhipuja (Upacara melarung persembahan ke laut sebagai rasa syukur kepada tuhan) saat 3 hari menjelang hari raya Nyepi, saat itulah inilah pantai ini akan sangat ramai oleh pengunjung baik dari dalam negeri maupun luar negeri.

18. PANTAI TIGA WARNA



Keunikan dari pantai ini adalah memiliki warna air laut yang berbeda-beda disebabkan oleh kedalaman air laut. Selain tempat ini bebas dari sampah, para wisatawan juga bisa melakukan snorkeling untuk menikmati panorama bawah laut berupa terumbu karang yang masih alami. 

Menurut warga sekitar, saat sore hari sekitar pukul 17:00 WIB jika ada segerombol burung bangau terbang rendah melintasi lautan itu tandanya ada sekelompok ikan lumba-lumba yang berenang di sekitar pantai dan katanya ikan-ikan tersebut berasal dari Pulau Sempu. Memang keberadaan Pantai 3 Warna cukup dekat dengan lokasi Pulau Sempu.

Pihak manajemen Pantai 3 Warna menerapkan sistem reservasi dan ada batasan pengunjung. Quota untuk masuk ke lokasi wisata tidak boleh melebihi 100 orang per gelombang. Dan quota maksimal per grup atau kelompok adalah 10 orang, tidak boleh lebih.

19. PANTAI BATU BENGKUNG


Diberi nama 'Batu Bengkung' karena terdapat batu-batuan yang mengitari pantainya dan disebut-sebut menyerupai wanita yang sedang dibekung. 'Bekung' adalah tradisi wanita Jawa yang menggunakan stagen usai melahirkan agar perut kembali ramping. Ketika laut surut, pengunjung dapat bermain pasir atau hanya sekedar berjemur di pinggir pantai. Menikmati pemandangan laut tentu jadi aktivitas favorit, birunya air laut Samudera Hindia seolah menghipnotis setiap pengunjung yang datang. Semilir angin laut seolah meninabobokan kita di bibir pantai yang ditanami pepohonan. 

20. KEBUN RAYA PURWODADI

Tempat favorit yang bisa kita kunjungi di kebun raya purwodadi adalah Taman Bougenville. Taman ini menjadi tempat favorit bagi wisatawan karena di taman ini kita bisa melihat berbagai macam Bougenville mulai dari warna merah hingga warna ungu. Warna ungu menjadi salah satu warna yang banyak digemari oleh para pengunjung karena warna ini merupakan warna yang sangat cantik. Banyaknya bangunan yang indah menjadikan kebun raya ini layak dijadikan tempat untuk beristirahat dan juga sebagai tempat destinasi wisata.

Bangunan seperti gedung konservasi flora adalah salah satu bangunan terbaik yang ada di dalam kebun raya ini. Selain berguna untuk balai pertemuan, gedung ini juga berguna sebagai tempat kita untuk berteduh.

21. CAFÉ PAYUNG


Di Kawasan Kota Wisata Batu, ada satu wisata kuliner bernama Kawasan Payung Batu. Kawasan wisata kuliner ini menjadi destinasi wisata bagi para muda mudi anak Malang yang lelah dan ingin menikmati sejuknya kita batu di malam Hari. Semua bentuk warung yang ada di wisata paying ini terbuat dari bamboo dan berbentuk seperti rumah panggung sehingga pengunjung akan merasa duduk di atas jurang dengan pemandangan kota batu yang indah, Hutan Pinus, dan juga jurang yang curam. Hijaunya pemandangan Kota Batu menjadi salah satu alasan mengapa wisata payung selalu ramai dikunjungi oleh para pengunjung. 

Kawasan payung batu ini dibagi menjadi 3 bagian yaitu Payung 1, Payung 2, dan Payung 3. Di setiap warung yang ada di wisata Payung ini kita akan disuguhkan dengan berbagai macam makanan ringan seperti roti bakar, jagung bakar, bakso, mie rebus, mie goreng, dan beragam minuman sachet yang mempunyai harga yang murah. Namun, jangan pernah berkunjung ke wisata payung tanpa menikmati STMJ yang diracik dengan susu segar dari desa Sebaluh yang memiliki cita rasa yang sangat nikmat dan membuat tubuh kita hangat. 

22. TAMAN REKREASI SENGKALING

Pemandian dan Taman Rekreasi Sengkaling merupakan salah satu tempat wisata di malang yang sudah sejak lama berdirii. Tempatnya yang berada dekat dengan pusat kota juga menjadi faktor ini menjadi pilihan yang cukup menyenangkan bagi mereka yang ingin meluangkan waktu liburan. Ragam jenis objek rekreasi bisa dinikmati disini dari yang utama adalah pemandian/kolam renang yang sekarang sudah dikembangkan dengan menambah ragam permainan airnya, ada juga taman margasatwa dengan aneka jenis satwa menarik untuk dilhat maupun difoto.

Wahana air yang tersedia diantaranya adalah: Kapal Misteri, Pesona primitif, Tirta alam, tirta sari serta kolam cumi-cumi. Ada juga wahanan permainan yang semakin membuat ceria hari-hari liburan anda sekeluarga meluangkjan waktu disini. Ada dunia ikan, bioskop 4 dimensi, kiddy train, bom-bom car, merry go round, play ground, sepeda air, bumper boat, kuda ria dan masih banyak lagi. Untuk kuliner, sekarang juga dibuka Sengkaling Food Festival, menampilkan sajian ragam khas makanan asli Kota Malang,

23. KEBUN TEH WONOSARI

Kebun Teh Wonosari adalah alternatif lain bila anda ingin mencari tempat wisata di Malang selain di Batu atau pantai-pantai di selatan daerah Malang. Bertempat di lereng Gunung Arjuno, Kebun Teh Wonosari Lawang adalah daerah sejuk dengan hamparan hijau kebun teh yang sedang ranum-ranumnya membawa iklim dan udara segar ketika anda berada disana. Disini tersedia juga penginapan yang siap menjadi tempat beristirahat segar dan menyenangkan bagi anda dan keluarga.

24. TELUK BIDADARI


Malang memang kaya! Kota ini seakan tak pernah kehabisan objek wisata seru. Kali ini kamu akan diperkenalkan dengan tempat wisata baru yang akan nge-Hits gak lama lagi, yaitu Teluk Bidadari dan Pantai Mbehi.

Teluk Bidadari merupakan sebuah kolam air jernih yang letaknya berada di Pantai Mbehi. Genangan ini bisa kamu temukan di saat air laut surut, pastikan kamu ke sini tidak saat air pasang . Tempat ini cocok untuk kamu yang ingin berwisata anti mainstream, dan punya jiwa petualangan. Karena medan menuju Teluk Bidadari tidak mudah, kamu akan diajak menerobos hutan belantara dan menuruni sedikit tebing sebelum akhirnya sampai ke Teluk cantik ini.

25. PANTAI KONDANG MERAK


Pantai Kondang Merak yang merupakan salah satu pantai cantik yang masih alami di Malang selatan, pantai ini terletak di Kecamatan Donomulyo, Bantur, Malang yang berjarak sekitar 68 kilometer dari kota Malang. 

Di sini kamu tidak hanya menemukan keindahan pantainya, tapi juga tersedia berbagai fasilitas tambahan yang memanjakan pengunjung di antaranya camping ground, penginapan, mushola, rumah makan, perikanan serta menu kuliner seafood. Uniknya, Pantai Kondang Merak tak banyak dikenal warga kota Malang. Mungkin karena akses jalannya yang masih seadanya, semoga pemerintah daerahnya memperhatikan potensi pantai cantiknya ini.

26. AIR TERJUN COBAN PELANGI

Di sepanjang perjalanan menuju coban pelangi, banyak pepohonan yang masih sangat rapat, asri dan alami sekali dan tentunya perjalanan anda akan ditemani dengan nyanyian burung-burung yang berterbangan di sekitar air terjun.

Air terjun ini memiliki beberapa keunikan. Yang pertama adalah jembatan cinta. Istilah ini ditujukan pada muda-mudi yang berkunjung ke wisata air terjun di Malang ini. Jembatan cinta ini adalah sebuah jembatan yang dasarnya terbuat dari bambu. Jembatan ini hanya bisa dilewati oleh dua orang. Jadi ketika sepasang muda-mudi melewati jembatan ini, mau tidak mau pasti mereka akan berpegangan tangan. Jadi jembatan ini semacam menyatukan cinta mereka, sehingga dinamakan jembatan cinta.

Keunikan yang kedua yakni warna pelangi yang muncul dari sekitar air yang sedang jatuh. Jika cuaca sedang bersahabat, anda bisa menyaksikan sendiri pelangi yang membentang dari dua sisi tebing di air terjun ini sekitar pukul 10.00 – 14.00 WIB. Bagi anda para kawula muda yang ingin merasakan sensasi jembatan cinta di air terjun ini, anda bisa langsung datang ke air terjun coban pelangi ini dan bisa anda bayangkan betapa indahnya pelangi tersebut. Jadi anda tidak akan kecewa jika berkunjung ke air terjun coban pelangi ini.

27. TOKO OLEH-OLEH KHAS MALANG

Batik Khas Malang juga sangat pantas untuk dijadikan oleh-oleh khas malang disamping banyaknya pilihan makanan, minuman serta camilan yang bisa dipilih. Seperti juga daerah lain Kota Wisata Malang juga mempunyai corak tersendiri yang tidak dipunyai daerah lain seperti motif batik teratai singo. Motif Batik Khas Malang menampilkan ciri khas tersendiri salah satu yang paling terkenal adalah motif teratai, melambangkan keindahan alam serta kesuburan. Motif motif lainnya yang populer diantaranya sulur-sulur, mahkota, rumbai singa (sesuai karakter singa, simbol kebanggaan kota malang), atau juga gambar tugu malang.

You May Also Like

0 comments